Home Pilih Layanan Konsultasi Sengketa Pengadilan Pajak

Konsultasi Sengketa & Pengadilan Pajak

Layanan Ini Didukung Oleh
TAXFORD Tax Consultant
Mega lidyani,S Adm

Mega lidyani,S Adm

Spesialisasi
Perencanaan Pajak
Akuntansi
Pemeriksaan Pajak
Sengketa Pengadilan Pajak

Apa Yang Dimaksud Sengketa Pajak?

Definisi Sengketa Pajak menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak, "Sengketa yang timbul dalam bidang perpajakan antara Wajib Pajak atau Penanggung Pajak dengan pejabat yang berwenang sebagai akibat dikeluarkannya keputusan yang dapat diajukan Banding atau Gugatan kepada Pengadilan Pajak

Mengapa Sengketa Pajak Bisa Terjadi?

Sengketa pajak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:
1. Adanya kebijakan perpajakan yang dikeluarkan Ditjen Pajak berdasarkan kewenangan yang diberikan undang-undang. Namun, wajib pajak merasa tidak puas dengan kebijakan tersebut sehingga mengajukan upaya hukum yang memang diperbolehkan oleh UU No 14 Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak.
2. Adanya perbedaan interpretasi antara WP dan Ditjen Pajak mengenai aturan perundang-undangan
3. Perbedaan metode perhitungan jumlah pajak mengenai jumlah yang harus disetor pada negara.
4. Keberatan atas penetapan sanksi denda pajak.

Beda Banding dan Gugatan Pajak

Banding adalah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh WP atau penanggung pajak terhadap suatu keputusan yang dapat diajukan banding berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakaan yang berlaku.
Sedangkan gugatan adalah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh WP atau penanggung pajak terhadap pelaksanaan penagihan pajak atau terhadap keputusan yang dapat diajukan gugatan berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.
Jadi, bila banding merupakan upaya hukum atas suatu keputusan perpajakan, gugatan adalah upaya hukum atas keputusan perpajakan dan pelaksanaan suatu penagihan pajak.